Kamis, 02 Juli 2015

GIZI & KESEHATAN REPRODUKSI

GIZI & KESEHATAN REPRODUKSI.

GIZI DAN KESEHATAN REPRODUKSI.

A.      Gizi untuk kesehatan reproduksi.
Gizi atau makanan  tidak saja di perlukan bagi pertubuhan, perkebangan fisik dan mental serta kesehatan, tetapi di perlukan juga untuk fertilitas atau kesuburan seseorang agar mendapat kan keturunan yang selalu di dambakan dalam kehidupan berkeluarga .
        Keluarga perlu mempersiapkan diri diantaranya mengatur asupan nutrisi yang adekuat untuk meningkatkan fungsi reprodusi sehingga dapat menunjang fertilitas  atau kesuburan dengan cara :
1.       Menghindari diet makanan pengedali berat badan.
2.       Memilih makanan yang sehat dan seimbang .
3.       Memilih makanan yang segar.
4.       Mengolah makanan dengan baik.
5.       Makanan bervariasi.
6.       Menghindari makanan yang mengandung zat pengawet.

B.      Zat gizi pendukung fertilitas.
Untuk meningkt kan kesuburan pasagan yang terpenting dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang sebaiknya pasangan menghindari makanan yang terlalu di olah atau mengandung bahan-bahan tiruan , diantaranya keju olahan, daging olahan, makanan beku, makanan kalengan. Bila membeli buah – buahan jangan yang didalam kaleng atau  yang hanya  sirupnya saja. Untuk sayuran hindari sayuran kaleng, kudapan asin, kacang , minyak terhidrogenasi, hindari roti putih, jangan terlalu sering minum susu skim kalengan, jangan mengonsumsi makanan yang sudah tidak segar lagi.
Menurut neil (2001) untuk menambah kesuburan sebaik nya pilih makanan sebagai berikut :
·         Daging dan alternatifnya (ikan telur dan kacang-kacangan)
·         Buah dan sayuran (buah, sayuran mentah, makanan segar, jus buah/ sayuran, buah kering)
·         Roti dan sereal yang tidak banyak di olah (roti,bubur,makanan kering,biji-bijian,gandum,spageti dan beras merah)
·         Susu dan hasil olahan  susu (susu,yoghurt,keju)
Pilih makanan yang belum di suling seperti nasi, roti, sereal,dan krispi biji-bijian, makan lah makanan segar seperti susu dan sayuran, baik yang mentah atau yang telah dimasak. Telur adalah sumber protein terbaik dan juga mengandung berbagai macam gizi , karena di perlukan untuk pembuahan. Kacang-kacangan dan biji-bijian dari tanaman juga sangat bergizi, kacang polong . ikan di konsumsi skali seminggu untuk daging bervariasi , sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Memasak lebih dikukus, pengaturan gizi ini dilakukan sejak wanita berusia 19 tahun sampai 26 tahun.
C.      Pengaruh zat gizi pada fertilitas .
Kekuranagn nutrisi pada seseorang akan berdampak pada penurunan fungsi reproduksi hal ini dapat di ketahui apabila seseorang mengalami anoreksia nervosa, maka akan terlihat perubahan – perubahan hormonal tertentu maka di tandai dengan perubahan hormonal tertentu yang di tandai dengan penurunan berat badan yang mencolok, hal ini terjadi karena kadar gonadotropin dalam srum dan urine menurun serta penurunan pola sekresi nya kejadian tersebut berhubungan dengan gangguan fungsi hipotalamus.
Pada wanita anoreksia kadar hormon steroid mengalami perubahan yaitu meningkatnya kadar testoteron serum dan penurunan ekskresi 17 keto steroid dalam urine di antaranya androsteron dan epiandrosteron, dampak nya terjadi perubahan siklus ovulasi. Bila anoreksi tidak terlalu berat dapat diberikan hormon GRH ( gonadotrophin relating hormone) karena hormone tersebut dapat mengembalikan siklus haid kea rah normal.
Berhubungan dengan fungsi menstruasi secara khusus jumlah wanita yang anovulasi meningkat bila berat badan nya meningkat pada penelitian wanita gemuk memilii resiko tinggi terhadap ovulasi infertile dan fungsi ovulasi terganggu sehingga menjadi tidak subur.
Bila kadar SHBG rendah akan terjadi peningkatan produksi hormon androgen baik di ovarium maupun kelenjar adrenal kondisi kegemukan berkaitan dengan proses perubahan androgen menjadi estrogen. hipotalamus merangsang peningkatan sekresi hormon LH serta mnajadi HIPERANDROGISME.
Mekanisme lain adalah gangguan pematanag folikel akibat peningkatan LH dan kadar testosteron yang rendah. Wanita kegemukan dengan menstruasi yang normal kadar testoteronnya lebih rendah daripada wanita gemuk yang mengalami amenore. Seberapa gemuk yang akan menyebabkan siklus anovulasi tidak diketahui dengan pasti yang jelas bahwa diet dan berat badan sangat mempengaruhi fungsi menstruasi.

D.      Hubungan status gizi dengan menstruasi .
·         Menarce             
Menarce adalah haid yang pertama terjadi yang merupakan ciri khas kedewasaan seorang wanita yang sehat dan tidak hamil.status gizi remaja wanita sangat mempengaruhi terjadinya menarce , baik terjadinya faktor usia terjadinya menarce ada nya keluhan-keluhan selama menarce maupun lama nya hari menarce. Secara psikologis wanita remaja yang pertama sekali mengalami haid akan mengeluh rasa nyeri , kurang nyaman, dan mengeluh perut nya terasa begah, tetapi pada beberapa remaja keluhan-keluhan tersebut tidak dirasakan hal ini dipengaruhi oleh nutrisi yang adekuat yang biasa di konsumsi , selain olahraga yang teratur.
Hormone yang berpengaruh terhadap terjadinya menarce adalah estrogen dan progesteron . estrogen berfungsi mengatur siklus haid, sedangkan progesteron berpengaruh pada uterus yaitu dapat mengurangi kontraksi , selama siklus haid. Agar menarce tidak menimbulkan keluhan-keluhan , sebaik nya remaja wanita mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang , sehinggastatus gizi nya baik .status gizi dikatakan baik apabila nutrisi yang d perlukan baik protein, lemak , karbohidrat, mineral, vitamin, maupun air digunakan oleh tubuh sesuai kebutuhan .
Gizi kurang atau terbatas selain akan mempengaruhi pertumbuhan , fungsi organ tubuh, juga akan menyebabkan terganggunya fungsi reproduksi . hal ini akan berdampak pada gangguan haid , tetapi akan membaik bila asupan nutrisinya baik.

·         Menstruasi.
                Komposisi diet yang baik secara kuantitatif maupun kualitatif dianggap mempengaruhi siklus menstruasi serta penampilan reproduksi. Tetapi timbul pertanyaan seberapa sering faktor diet di pandang sebagai penyebab timbulnya amenore masih jarang penelitian yang menggunakan diet sebagai metoda perlakuan dan uraian nya sering tidak lengkap atau tumpang tindih. Siklus menstruasi di pengaruhi bukan saja oleh diet vegetarian tetapi diet yang bervariasi dalam hal lemak , serat dan nutrien lain nya .

·         Diet vegetarian.
Pengaruh diet vegetarian terhadap hormone seks telah diteliti, 9orang vegetarian diberi diet yang mengandung daging, ternyata fase folikuler memanjang,rata-rata 4,2 hari juga FSH meningkat, EZ menurun secara signifikan. Sebaliknya 16 orang diet biasa beralih ke diet yang kurang daging selama 2 bulan mengalami pemendekan fase folikuler, rata-rata 3,8 hari , mengalami penurunan frekuensi puncak LH dan peningkatan kadar LH. Setelah mengalami 2 kali injeksi LH RH , terjadi hubungan antara diet dengan fungsi menstruasi. Pada wanita yang mengonsumsi diet vegetarian terjadi peningkatan frekuensi gangguan siklus menstruasi. Prevalensi ketidakteraturan menstruasi 26,5% pada vegetarian dan 4,9% pada non non vegetarian.

E.       Prinsip gizi pada menopause.
Menopause adalah masa berhentinya haid secara alamiah yang biasanya terjadi antara usia 45-50 tahun, atau masa berhentinya haid sama sekali . kesiapan menghadapi menopause menurut dini mengonssumsi makanan bergizi yaitu mengonsumsi makanan dengan gizi berimbang.pemenuhan gizi yang memadai akan sangat membantu dalam menghambat berbagai dampak negatif menopause terhadap kinerja otak, mencegah kulit kering serta berbagai penyakit lainnya. Gizi seimbag adalah memenuhi kebutuhan gizi perhari dengan asupan zat-zat gizi makanan yang mengandung karbohidrat , protein , lemak, vitamin,mineral,dan air. Kebutuhan gizi orang dewasa berat normal adalah sekitar 2000-2200 Kkal per hari. Dengan pemenuhan gizi secara seimbang ini diharapkan seseorang tidak kelebihan atau pun kekurangan berat badan dan juga terjangkit suatu penyakit seperti diabetes mellitus atau anemia.
F.       Pola makan sehat .
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan pola makan yang sehat;
©       Pilih lah jenis makanan yang “bermanfaat” isalnya makanan yang berprotein yang mengandung lemak tak jenuh dan protein nabati daripada protein hewani.
©       Patuhi jadwal makan , yaitu makan-makanan bergizi seimbang tiga kali sehari pada waktu yang tepat yaitu sarapan,makan siang,dan makan malam.
©       Jangan makan pada kondisi lapar karena membuat acara makan anda terburu-buru dan banyak . akibat nya akan membuat perut anda panas namun jangan makan pada waktu perut masih kenyang .
©       Selain bervariasi perbanyaklah konsumsi makanan yang diolah dari bahan makanan yang segar dengan proses pengolahan yang tidak terlalu lama.
©       Makan lah secukupnya. Jangan turuti selera makan anda yang sedang meningkat atau sebaliknya yang sedang menurun.













ZAT-ZAT GIZI BAGIKESEHATAN.

ö        PENGELOMPOKAN ZAT GIZI.
Zat – zat nutrient dibagi dalam dua golongan besar yakni makronutrien (zat gizi makro) dan mikronutrien (zat gizi mikro). Zat gizi makro merupakan komponen terbesar dari susunan diet serta berfungsi menyuplai energi dan zat – zat gizi esensial yang berguna untuk keperluan pertumbuhan sel atau jaringan , fungsi pemeliharaan maupun aktivitas tubuh. Kelompok makronutrien terdiri dari karbohidrat , lemak, protein,makromineral dan air.
ö        Karbohidrat .
Sebagai zat-zat gizi merupakan nama kelompok zat-zat organic yang mempunyai struktur molekul yang berbeda-beda meski terdapat persamaan dari sudut kimia dan fungsinya semua karbohidrat terdiri atas unsure-unsur karbon,hydrogen,dan oksigen.
o   Jenis karbohidrat.
Karbohidrat yang terdapat di dalam makanan pada umum nya hanya tiga jenis yaitu monosakarida,disakarida,dan polisakarida. Mono dan disakarida terasa manis, sedangkan polisakarida tidak mempunyai rasa (tawar) .
o   Sumber karbohidrar.
Sumber utama karbohidrat di dalam makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan, karbohidrat nabati, di dalam makanan manusia terutama berasal dari tumbuh-tumbuhan yaitu biji, batang, akar. Sumber karbohidrat lain nya seperti pisang, sawo, nangka, sukun, dan kelewih, beras,akar dan umbi, serta ekstra tepung seperti sagu, dan kacang-kacangan.
o   Fungsi karbohidrat.
Karbohidrat merupakan sumber utama energi yang paling murah. Dari tiga jenis sumber utama energi yaitu karbohidrat , lemak dan protein, karbohidrat yang tidak dapat di cerna memberikan volume dalam isi usus dan melancarkan gerak peristaltik yang melancarkan aliran hasil yang sudah halus melalui saluran pencernaan serta memudahkan pembuangan tinja.
o   Protein.
Protein merupakan zat gizi yang sangat penting,karena yang paling erat hubungan nya dengan proses kehidupan. Nama protein berasal dari bahasa yunani protebos, yang artinya yang pertama atau yang penting. Di dalam sel protein terdapat sebagai protein structural maupun protein metabolik.
o   Jenis protein.
å         Protein bersahaja (simple protein).
å         Protein kompleks (conjugated protein).
å         Protein derivate ( protein derivative).
Berdasarkan sumbernya protein ada dua yaitu:
1.       Protein hewani.
2.       Protein nabati.
o   Sumber protein.
Sumber protein hewani dapat berbentuk daging,dan alat-alat dalam seperti hati, pangkreas, ginjal, paru, jantung, dan jeroan, serta susu, telur, dan juga ikan , dan jenis udang merupakan sumber protein yang baik.
Penentuan protein didalam makanan sebaiknya mencakup kuantitas maupun kualitasnya. Kuantitas protein ditentukan melalui penentuan nitrogen total, dengan metoda destruksi menurut kyeldahl. Karena kadar nitrogen rata-rata di dalam protein adalah 16% . nitrogen yang berasal dari protein yang berasal dari protein disebut protein nitrogen sedangkan yang berasal dari ikatan lain yang mengandung nitrogen tetapi bukan protein, disebut non protein nitrogen.
Sumber protein inkonvensional mencakup:
1.       Ampas biji-bijian bekas pembuatan minyak makan , sebagai hasil sisa pabrik.
2.       Tepung ikan.
3.       Protein daun.
4.       Unicellular algae.
5.       Ragi (yeast).
o   Fungsi protein.
Fungsi protein di dalam tubuh sangat erat hubungan nya dengan hayat hidup sel. Dalam penyuluhan dan pendidikan gizi ditekankan fungsi protein sebagai zat pembangun . protein ini juga berfungsi sebagai zat pertahanan tubuh melawan berbagai mikroba dan zat toksik lain yang dating dari luar dan masuk kedalam milieu interior tubuh.
ö        Lemak.
Lemak adalah sekelompok ikatan organic yang terdiri atas unsure-unsur karbon, hydrogen, oksigen yang mempunyai sifat dapat larut pada zat-zat pelarut tertentu. Lemak di dalam makanan memegang peranan penting adalah lemak netral, atau triggliserol dan tiga molekul asam lemak yang diikatkan pada gliserol tersebut  dengan ikatan ester.


Lemak dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara:
1.       Menurut struktur kimiawinya :
a)      Lemak netral (trigliserida).
b)      Lesitin.
c)       Sfingomielin.
2.       Menurut subernya (bahan makanan) :
a)      Lemak hewani.
b)      Lemak nabati.
3.       Menurut konsistesinya:
a)      Lemak padat.
b)      Lemak cair.
4.       Lemak menurut wujud nya:
a)      Lemak tak terlihat (invisible fat).
b)      Lemak terlihat (visible fat).

o   Fungsi lemak.
Fungsi lemak dalam makanan memberikan rasa gurih , memberikan kualitas renyah terutama pada makanan yag di goreng, member kandungan kalori tinggi dan memberikan sifat empuk pada kue yang dibakar.
ö        Vitamin.
Ikatan organik yang tidak bersifat vitamin , tetapi dapat diubah menjadi vitamin setelah di konsumsi , disebut provitamin jadi vitamin setelah dikonsumsi , disebut provitamin atau prekursor vitamin. Tidak semua vitamin mempunyai prekursor sehingga tidak dapat di sintesis dalam tubuh.
o   Mekanisme kerja suatu antivitamin dapat bermacam- macam:
a.       Ada yang merebut titik aktif di dalam enzim, di sembut hambatan kompetitif.
b.      Ada yang merusak vitamin ketika masih di dalam saluran gastrointestinal.
c.       Ada pula yang mengikat vitamin tersebut di dalam rongga usus, sehingga mengedap dan titik dapat diserap ke dalam mukosa  dinding usus.
o   Fungsi vitamin.
Fungsi vitain secara umum berhubungan erat dengan fungsi enzim , terutama vitamin-vitamin keompok B. suatu enzim terdiri atas komponen protein yang dihasilkan oleh sel dan di sebut apoenzim. Peranan hamper seluruh vitamin dari kelompok B telah diketahui fungsinya di dalam koenzim tidak demikian halnya dengan vitamin yang larut lemak meskipun gejala-gajala sebagai akibat defisiensi vitamin ini telah diketahui , peranan nya yang jelas didalam reaksi kimiawi dalam proses metabolisme belum diketahui . kecuali vitamin D vitamin ini telah di ketahui bahwa didalam tubuh vitamin ini diubah menjadi hormon yang berpengaruh atas transport zat kapur.
ö         mineral.
Sekitar 4% dari tubuh kita terdiri atas mineral, yang dalam analisis bahan makanan tertinggal sebagai kadar abu yaitu sisa yang tertinggal bila suatu sample bahan makanan dibakar sempurna di dalam suatu tungku. Kadar abu ini menggambarkan banyak nya mineral yang tidak terbakar menjadi zat yang dapat menguap.
ö        Cairan dan elektrolit.
o   Cairan.
Dalam tubuh manusia yang sehat terdapat sekitar 60% dari berat badan nya terdiri dari cairan dan secara umum dianggap terdapat dalam dua kompartemen umum, yaitu cairan intraseluler dan ekstraseluler . cairan ekstraseluler  dapat dibagi lagi menjadi cairan interstisial dan intravascular. Dua per tiga dari cairan tubuh adalah cairan interstisial dan sisa nya adalah intravascular.
Air adalah nutrien esensial karena tubuh tidak dapat menghasilkan jumlah air sebanyak yang dibutuhkan nya untuk mempertahankan , keseimbangan cairan , asupan harus kira-kira sama dengan haluaran.


Fitri Respati Ambarwati, SKM, M.Kes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar